ginjal

Penyebab gagal ginjal kronis

Angka kejadian gagal ginjal kronis lebih banyak dibandingkan gagal ginjal akut. Hal ini dikarenakan penyebab sakit ginjal ini lebih umum daripada gagal ginjal akut. Hampir sebagian besar orang yang cuci darah disebabkan oleh penyakit ini. Berikut adalah penyebab gagal ginjal kronis yang paling sering:

?? Kencing manis yang telah berjalan lama dan tidak diobati terus-menerus sangat sering menyebabkan gagal ginjal kronis. Bahkan gagal ginjal kronis biasa menjadi komplikasi kencing manis yang tak jarang merenggut nyawa.

Kencing manis adalah penyebab nomor satu gagal ginjal kronis di dunia.

?? Selain menyebabkan penyakit jantung dan stroke, darah tinggi juga dapat menyebabkan gagal ginjal kronis. Penyakit darah tinggi yang telah berjalan dalam waktu lama dan tidak pernah mendapat pengobatan sangat sering berakhir di keadaan gagal ginjal kronis.

Maka mengontrol dan mengobati tekanan darah Anda merupakan hal yang sangat penting.

?? Radang pada ginjal dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab. Yaitu penyakit infeksi dan penyakit imunitas.

Penyakit infeksi yang sering menyebabkan gagal ginjal kronis adalah infeksi ginjal berulang dan penderita penyakit HIV. Sedangkan penyakit imunitas yang sering menyebabkan penyakit ginjal adalah lupus.

?? Penyebab sakit ginjal yang satu ini merupakan suatu penyakit yang biasanya bersifat genetic atau keturunan. Sulitnya ialah penyakit ini tidak memberikan gejala sehingga biasanya baru memberikan gejala setelah fungsi ginjal sudah menurun drastis.

Gejala gagal ginjal kronis;

?Tidak menimbulkan gejala pada fase awal. Seiring berjalannya tingkat keparahan penyakit, gejala klinik akan makin jelas

?Warna kulit menjadi semakin gelap

?Warna kulit yang semakin pucat
?Sering merasa mengantuk
?Sering mual dan muntah
?Sulit konsentrasi, mudah mengantuk
?Nyeri tulang
?Gatal tanpa sebab
?Darah pada tinja
?Perut membesar dan kencang (terisi cairan)
?Sesak nafas

Komplikasi penyakit ginjal antara lain penderitanya dapat mengalami/ menderita asam urat yang disebabkan adanya gangguan pada fungsi ginjal, proses keluarnya asam urat bersama urin adalah melalui ginjal.

Apabila terjadi gangguan pada fungsi ginjal maka proses keluarnya asam urat juga akan terganggu. Sehingga asam pada darah yang seharusnya keluar melalui air seni menumpuk dan melebihi batas kadar normal tubuh.

Kadar asam urat normal menurut WHO

  1. Pada laki-laki dewasa kadar normal asam uratnya adalah sekitar 2 – 7,5 mg/dL, sementara itu pada wanita yang sudah dewasa adalah 2 – 6,5 mg/dL.
  2. Pada laiki-laki dengan usia diatas 40 tahun kadar normal asam uratnya 2 – 8,5 mg/dL, pada wanita 2 – 8 mg/dL
  3. Anak-anak yang berusia 10 – 18 tahun kadar asam uratnya 3,6 – 5,5 mg/dL, sementara itu pada anak wanita 3,6 – 4 mg/dL Penurunan fungsi ginjal bisa dialami karena disebabkan oleh kondisi ginjal yang mengalami kerusakan. Gagal ginjal nama penyakit yang jika ginjal tidak lagi bisa di di fungsikan kembali.

gagal ginjal kronis atau akut bisa terjadi pada satu ginjal atau keduanya, karena keadaan ini disebabkan oleh kebisaan buruk yang dilakukan selama ginjal masih dalam kondisi sehat.

ginjal yang tidak bisa berfungsi dengan baik sangat fatal dampaknya, karena fungsi ginjal untuk menjaga kebersihan darah dari berbagai macam zat dan juga untuk membantu membersihkan limbah dari dalam tubuh.

Gagal ginjal bisa berpotensi dialami oleh siapa saja karena setiap orang memiliki ginjal yang rentan rusak apabila tidak di jaga dengan baik kesehatannya, dari mulai “makanan sampai minuman” (hentikan konsumsi makanan mengandung BTM) yang masuk ke dalam tubuh jika tidak sehat bisa meningkatkan terjadinya gagal ginjal.

gagal ginjal bisa dialami karena disebabkan oleh konsumsi obat yang berbahan kimia, dan di gunakan jangka lama. karena setiap obat kimia memiliki efek samping sehingga tidak baik jika di gunakan jangka lama.

bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh akan di saring oleh tubuh, sehingga bahan kimia terus masuk dan ginjal terus kerja dan terbebani tidak bagus juga sehingga bisa meningkatkan risiko gagal ginjal.

Tanda tanda gagal ginjal secara spesifik:

?Gatal kulit
Tanda tanda gagal ginjal di awal terjadi memang tidak bisa langsung diketahui karena gejalanya hanya menyebabkan kulit gatal yang bisa terjadi juga karena penyakit kulit.

?Sering buang air kecil
Memang tidak bisa diketahui dengan mudah jika tanda tanda gagal ginjal hanya gatal pada kulit. tetapi semakin lama mulai bisa diketahui secara perlahan lahan, sebab yang akan dialami ialah peningkatan buang air kecil.

Rasa ingin buang air kecil akan bertambah ketika pada malam hari.

?Keram dan tegang otot
Terjadi kram dan juga tegang pada otot yang terlalu sering bisa menjadi tanda tanda gagal ginjal juga.

karena ada banyak pengaruh dari bagian tubuh mana pun apabila ginjal tidak bisa di fungsikan dengan baik.

?Penumpukan cairan
jika salah satu atau kedua ginjal tidak berfungsi dengan baik atau mengalami kerusakan bisa menyebabkan penumpukan cairan yang memang seharusnya di buang oleh ginjal ke luar tubuh.

Penumpukan cairan bisa di bagian mana pun termasuk di bagian jantung, perut dll sehingga ada pembengkakan dan rasa sakit di dada pada tanda tanda gagal ginjal.

?Sesak napas
Gangguan pada pernapasan bisa terjadi juga apabila ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik, oleh sebab itu sesak napas termasuk tanda tanda gagal ginjal juga.

?Disfungsi ereksi
Tanda tanda gagal ginjal pada pria akan menyebabkan
disfungsi ereksi sehingga hal ini mengganggu kehidupan seksual penderitanya.

?Gangguan tidur
Karena semua tanda tanda gagal ginjal mengganggu dan bisa kambuh, sehingga gangguan tidur di malam hari bisa terjadi.

?Nyeri pinggang, diantara rusuk dan pinggang, lama kelamaan menyebar ke bagian perut dan seterusnya, tergantung pada tingkat keparahan.

? sering kencing terutama diwaktu malam hari, juga miliki mata yang sembab.

Pantangan dan anjuran penderita gagal ginjal⚠

Masukan cairan berlebih, sulit dikeluarkan oleh tubuh, dan berpotensi menimbulkan penumpukan cairan pada jaringan tubuh, seperti paru-paru, yang menyebabkan sesak nafas.

Karena itu perlu adanya pembatasan cairan pada penderita penyakit ginjal kronis.

?Makanan yang perlu dibatasi:

⚠Produk susu, seperti:
susu, yogurt dan keju( tinggi fosfor)

⚠Cokelat

⚠Kacang

⚠Pisang( tinggi potassium/kalium )

⚠Kopi dan minuman bersoda

⚠ Makanan berlemak digoreng maupun dibakar seperti : gorengan, kulit ayam, dagingmerah (kambing, sapi)

⛔Pembatasan cairan

❗Buah dengan kandungan air yang banyak seperti: anggur, melon, tomat, dan semangka

❕Buah dengan kandungan kalium tinggi seperti jeruk, kiwi, pisang

❗Sayuran dengan kandungan air yang banyak seperti: seledri dan selada,

❕Sayuran dengan kadar kalium tinggi seperti: kentang, labu air(siam) .

✔Makanan yang boleh dikonsumsi:

?Buah-buahan: apel, nanas, pir,ceri,

?Sayuran: brokoli, kol, wortel, kubis

?Karbohidrat : Roti, Nasi

?Tips untuk menghindari rasa haus:

⛔Menghindari makanan yang asin (tinggi natrium/sodium)

⛔Menghindari aktivitas atau kegiatan pada saat cuaca panas

⛔Membekukan jus dan dimakan seperti es (dengan tetap menghitung masukan cairan)

Selain mematuhi pantangan makanan prnderita ginjal , sebaiknya mrngkonsumsi makanan yg diolah dgn cara dikukus atau direbus, utk meringankan kerja organnya..

??TANAMAN OBAT??

yang direferensikan:

☘ Tapak liman/ Elephartopus scaber; stimylan ginjal, diuretic(peluruhseni) .

☘ Daun sendok/ Plantago mayor; analgesik (pereda nyeri), anti radang.

☘ Tempuyung / Sonchus arvensis; Diuretic

☘ Meniran / Phyllantus urinaria; Imuno stimulan.

Terapi bekam dibawah ini